Membuat Joystick PC Sederhana dari Chip Keybord Bekas

    Author: lupaingat Genre: »
    Rating




    Sebetulnya harga joystick PC baru terjangkau, tapi alangkah menyenangkan bila kita bisa memanfaatkan barang bekas yang tak terpakai menjadi barang guna pakai (bisa digunakan lagi) dan sekaligus menghemat keuangan kita.


    Dengan keybord bekas dan joystick nittendo rusak, kita bisa menyulap barang tadi menjadi joystick PC yang bisa kita andalkan dalam bermain game kesukaan kita.
    Adapun cara pembuatannya sebagai berikut:




    Langkah 1: Buka keybord dan ambil chip keybord nya




    Setelah itu, kita cari fungsi-fungsi dari setiap pin yang ada di chip keybord tadi dengan membuat daftar / tabel data fungsi.




    Caranya, pertama kita buka dulu program Microsoft word, setelah itu kita cari fungsi tiap pin yang ada di chip dengan cara menghubungkan pin dengan pin yang lainnya sambil melihat respon yang ada dilembar kerja Microsoft word. Contoh, pin 26 dengan 1 (23 + 1) kita hubungkan maka akan mendapatkan respon “Z” di lembat kerja Microsoft word, jadi pin 23 + 1 menghasilkan fungsi huruf “Z”, dan langkah ini kita lakukan seterusnya sampai mendapatkan data yang kita inginkan.


    Berikutnya, tulis respon-respon tadi ke dalam tabel data yang nantinya akan kita gunakan dalam menentukan pin-pin mana saja yang akan kita manfaatkan menjadi tombol joystick. Lihat contoh di bawah ini:






    Langkah 2: Buka joystick Nittendo yang rusak, lepas papan (PCB) chip dari wadahnya setelah itu cari jalur-jalur yang mengarah ke tombol-tombol dan potong jalur-jalur yang tidak diperlukan pada PCB dengan cuter.




    Buat lubang untuk kabel penghubung dengan bor kecil.




    Hubungkan PCB Joystick dengan chip keybord menggunakan kabel dan disolder berdasarkan data tabel chip keybord yang kita buat tadi .






    Langkah 3: Kita atur letak chip keybord sedemikian rupa sehingga masuk secara rapi dalam wadah joystick nittendo.




    Langkah 4: Sekarang waktunya mencoba, apakah joystick PC buatan kita bekerja.
    Pertama, jalankan game nya, cari menu joypad configuration atau setting tentang joy pad. Samakan menu setting tersebut dengan menggunakan joystick PC buatan kita kalau merespon sesuai dengan data tabel chip keybord buatan kita berarti berhasil.



    Selamat mencoba, dan selamat menikmati dunia game yang penuh warna....
    By AMO

    3 Responses so far.

    1. Anonim says:

      Slamat gan, agan emang kreativ. Saya setuju ama agan, bikin stick dari keyboard bekas daripada kita beli. Lumayan bisa ngirit uang jajan...

    2. Anonim says:

      bro itu dari chip keyboard bekas,keluaran jacknya berupa apa??

    3. Unknown says:

      gan, mau tanya klo tombol shift itu apa dan apa? 26+ apa atau apa?mohon bantuannya ya